Welcome in my blogg Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta... Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta... Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta... Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta...Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta... Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta... Sugengrawuh in my blog "Wisata Alam Kedung Pengilon"Dusun Petung,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul,Yogyakarta...

Sabtu, 08 Juni 2013

Kedung Pengilon Wisata Alam di Dusun Petung,Bangunjiwo


Kedung Pengilon Wisata Alam di Sudut Desa Bangunjiwo. Salah satu wisata alam yang ada di Bantul yang masih alami adalah Kedung Pengilon. Kedung ini terletak di ujung barat daya Desa Bangunjiwo, tepatnya di Dusun Petung. Kedung ini dianggap warga merupakan tempat keramat. Lokasinya yang masih dikelilingi hutan dusun membuat obyek ini belum tercemar dan jarang dijamah manusia. Akan tetapi, Kedung Pengilon menyimpan potensi dan pesona alam yang cukup besar.
Kedung Pengilon
Sejarah Nama Kedung Pengilon 
Kedung Pengilon, seperti namanya, adalah sebuah kedung atau kolam besar yang berada di aliran sungai. Dan Pengilon adalah kata dalam bahasa jawa yang berarti tempat untuk becermin/berkaca. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penamaan Kedung Pengilon oleh warga sekitar karena mereka seakan berkaca/becermin saat berada di tepi kedung ini. Dan memang, air Kedung Pengilon ini masih jernih hingga saat ini. Dengan kedalaman kurang lebih 2 meter, dengan aliran air yang jernih karena berasal dari sendang atau mata air di pangkah yang mengalir melalui sungai kecil ladang dan kebun milik warga serta hutan dusun sebelum akhirnya  sampai di kedung pengilon. Sesaat sebelumnya air ini melewati satu grojogan atauair terjun dengan ketinggian 10 meter.
Kedung Pengilon mempunyai bentuk oval, berdiameter 15 meter. Air yang terdapat dalam kedung masih jernih karena bersumber pada mata air yang masih alami dan aliran sungai sendiri yang jarang melewati pemukiman penduduk, sehingga belum terkontaminasi. Air di Kedung Pengilon berwarna hijau kebiru-biruan. Warna tersebut dipengaruhi oleh dasar kedung yang bermaterikan batu putih, serta kedalaman dari kedung ini. Disamping Kedung ini juga terdapat lubang mata air, yang terkumpul pada semacam kolam kecil. Sudah disediakan gayung dari batok kelapa oleh warga sekitar jika anda ingin mandi ataupun sekedar membasuh muka.

Jalan Menuju Ke Kedung Pengilon
Anda bisa langsung menuju kearah desa Bangunjiwo tepatnya dari Pabrik Gula Madukismo kearah barat melewati padepokan Bagong Kussudiardja terus melewati Desa Tamantirto sampai  Perempatan  Balai Desa Bangunjiwo. Kemudian dari balai desa tersebut anda ambil arah ke barat (kanan) sejauh 2 km, hingga menemukan gentong/tempat air dari tanah liat. Ambil kiri kemudian ikuti jalan tersebut kearah selatan kurang lebih 1 km hingga menjumpai tugu lagi yang merupakan Tugu dusun Petung.  Setelah itu anda menyusuri jalan tanah hingga sampai ke lokasi kedung pengilon. Sebaiknya anda sering bertanya karena lokasinya memang agak masuk.  Dan karena jalan yang tidak memadai sampi kedung maka kendaraan anad sebaiknya dititipkan dirumah rumah penduduk

Dikutip dari : desabangunjiwo.com, yogyakarta.panduanwisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar